Langsung ke konten utama

Yuk kenalan sama numismatik

Banyak sekali cara untuk menyalurkan hobi, baik berupa aktivitas yang bergerak, maupun mengumpulkan barang-barang yang mampu menarik minat kita. Ada yang suka mengoleksi barang antik, mainan, buku, maupun koin. Untuk poin terakhir, perkenankan saya untuk sedikit mengupas tentang hobi yang satu ini.

Kawan, hobi yang meliputi pengumpulan koin bisa di kategorikan sebagai numismatik. Apa itu numismatik ? Mengutip artikel dari majalah numismatika bulan juli tahun 2005, numismatik adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang koin, token, uang kertas, dan alat-alat tukar lainnya, serta medali.

Bisa dibilang, numismatik adalah hobi mengoleksi koin atau barang-barang yang berhubungan dengan alat tukar maupun transaksi dalam keseharian, baik yang lampau maupun saat ini. Numismatik juga masih kerabat dari hobi filateri yang lebih dulu booming dengan perangko, sedang numismatik lebih fokus pada alat tukarnya.

Numismatik menjadi hobi yang menjanjikan, karena selain sebagai hobi, ternyata dapat menjadi cara investasi kita dalam kurun waktu yang panjang. Menurut rahmad zainuddin, seorang praktisi numismatik, investasi dalam wujud koin memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan berinvestasi dalam bentuk saham maupun media investasi lainnya karena yang menjadi acuan adalah nilai intrinsiknya, yaitu nilai bahan dasar pembuatan koin.

Menurutnya, bila kita berinvestasi dalam bentuk saham ada kemungkinan terjadi perubahan nilai yang fluktuatif, kadang naik kadang turun, dalam waktu yang tak menentu. Sedang bila kita berinvestasi dalam bentuk koin. Perubahan nilainya stabil, bahkan cenderung naik dari waktu ke waktu tergantung intrinsiknya.

Biasanya yang menjadi primadona dalam mengoleksi koin adalah koin yang terbuat dari emas maupun perak, walaupun logam lainnya seperti nikel, kuningan, perunggu, dan lainnya juga memiliki jual tersendiri tergantung kondisi, kelangkaan, dan nilai intrinsiknya. Misal koin Rp. 50 rupiah kuningan gambar komodo tahun 1997 dibandrol Rp. 50.000 yang bida dibilang sangat mahal dibanding bahan dasarnya sendiri karena langkanya uang tersebut.

Jadi, mungkin sudah mulai saatnya kita berkenalan dengan numismatik, selain ada sensasi tersendiri dalam berburu koin langka juga bisa menjadi cara nabung yang aman selain menabung di bank. Lumayan kawan,, hobi yang bisa menjadi usaha. [Ky. H]

Komentar